Membangun Mentalitas Relawan, KSR PMI Gelar Diksar di Tengah PandemiDokumentasi KSR PMI IAIN Metro saat Diksar malam hari (red)

HomeBeritaMetro

Membangun Mentalitas Relawan, KSR PMI Gelar Diksar di Tengah Pandemi

Membentuk relawan dalam kesiapsiagaan di tengah pandemi Covid-19, Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Jurai Siwo Metro menggelar pendidikan dan pelatihan dasar (Diksar).

KSR PMI IAIN Metro Masa Juang 2021-2022 Resmi Dilantik
Upaya Peningkatan Kapasitas Anggota, Atal Tekankan Wartawan Patuhi Pakem Penulisan Jurnalistik
Pemerintah Kota Metro Gelar Rakor Pemantapan Demi Nyukseskan Pilkada 2020

Metro, Mediator.ID – Membentuk relawan dalam kesiapsiagaan di tengah pandemi Covid-19, Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Jurai Siwo Metro menggelar pendidikan dan pelatihan dasar (Diksar). Kegiatan dilaksanakan pada 12-15 November 2020, di Lapangan 28, Kelurahan Purwosari, Kecamatan Metro Utara, Kota Metro.

Ketua Pelaksana kegiatan Ilyas Alamsyah mengatakan, tujuan utama dari diklat diantaranya agar peserta mengerti tentang tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Palang Merah.

“Diharapkan dalam beberapa hari ke depan, para peserta terbangun dalam segi mentalitas dan paham seluruh materi yang disampaikan, terutama mengenai Tupoksi Palang Merah,” kata Ilyas saat diwawancara di sela kegiatan, Jum’at (13/11/2020).

Dalam kesempatannya, Master Of Training (MOT) Diklat KSR Istidyah Ayu Septyaningsih mengungkapkan, bukan mudah menjadi Kader KSR PMI. Saat menjalani diklat, mereka ditempa dengan melalui Diksar yang cukup keras agar terbentuk inisiatif, kemandirian dan kesiapsiagaan dalam kondisi darurat.

“Bukan usaha yang mudah dalam membentuk karakter dan mentalitas yang kuat. Selain harus disiplin, para peserta diharuskan mengerti seluruh materi yang disampaikan, diantaranya tentang pertolongan pertama (PP) dan pertolongan keluarga (PK),” katanya.

Ia juga berharap dari diadakannya Diksar tersebut muncul kader-kader potensial dalam segi pengetahuan dan karakter.

“Diksar yang digelar hari ini diharapkan bisa mendidik para peserta dalam mengubah cara pandang mereka agar lebih peka kepada orang-orang di lingkungan dan sekeliling mereka, terutama kepada hal-hal yang bersangkutan tentang merawat keharmonisan antar kader di internal KSR PMI. Juga, setelahnya nanti bisa memberikan mereka cara dalam memanajemen waktu untuk bisa mengejar prestasi di organisasi dan akademik kampus ,” pungkasnya.

Diksar KSR PMI digelar dengan tetap patuhi protokol kesehatan (Prokes) sebagai upaya pencegahan terjadi penyebaran Covid-19. Mereka ditempa keras, dididik dengan cara yang tak sama seperti rutinitas sebelumnya agar terbentuk relawan tangguh yang militan, memiliki jiwa relawan, siap siaga, beenalar tajam dan membangun kewarasan sosial. Terutama di masa pandemi seperti sekarang, harus ada relawan-relawan tangguh yang berani memberikan pertolongan pertama kepada orang-orang terdampak di sekelilingnya.

(red/msf)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0